Tips Memulai Bisnis Dengan Modal Kartu Kredit

0

Apakah saat ini Anda berniat ingin punya usaha? Tapi masih bingung soal modal? Tentu saja, setiap usaha yang dirintis itu selalu membutuhkan modal di awal.

Pebisnis pada umumnya membutuhkan modal untuk menjalankan usahanya. Semakin besar bisnis yang dijalankan, semakin besar pula modal yang dibutuhkan.

Terdapat banyak cara yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan modal usaha. Salah satunya adalah kartu kredit. Kok Bisa? Namun risiko kerugian kartu kredit terbilang tinggi.

Oleh karena itu, pebisnis diharapkan memiliki kemampuan analisa yang mumpuni sebelum memanfaatkan kartu kredit sebagai modal usaha. Oleh sebab itu, berikut adalah tips aman memulai bisnis dengan modal kartu kredit seperti dikutip dari

1. Tahu Fasilitas yang Ditawarkan Kartu Kredit
Tips yang pertama, Anda harus mengetahui fasilitas atau keuntungan apa saja yang ditawarkan kartu kredit. Contohnya, kemudahan akses yang dapat dimanfaatkan untuk menutupi kekurangan modal bisnis jangka pendek.

Dengan melunasi tagihan kredit tidak lebih dari satu bulan, Anda akan mendapatkan tambahan modal usaha langsung tanpa harus membayar bunga bunga tagihan.

Selain itu, Anda juga berkesempatan untuk membangun riwayat kredit yang baik. Credit Score berasal dari kemampuan Anda untuk melunasi tagihan yang ada sebelum melewati tenggat waktu.

Oleh karena itu, kontrol yang baik terhadap pelunasan tagihan kredit dapat meningkatkan kepercayaan bank untuk mengajukan pinjaman nantinya.

2. Harus Tahu Risiko Penggunaan Kartu Kredit
Mirip dengan tips pertama, pebisnis juga disarankan untuk memahami risiko penggunaan kartu kredit sebagai modal usahanya. Pada hakikatnya, uang kredit itu merupakan uang pinjaman, tidak seperti tabungan yang merupakan uang sendiri.

Oleh karena itu, Anda harus sangat waspada dengan waktu pelunasan dan bunga yang dibebankan. Selanjutnya, bertentangan dengan apa yang didapatkan dengan menggunakan kartu kredit sebagai modal usaha.

Kelalaian untuk melunasi tagihan dapat menghancurkan riwayat kredit, menggagalkan bisnis, dan membebani Anda dengan utang yang tiada habisnya. Jadi pahamilan keunggulan dan kekurangan dari penggunaan kartu kredit sebagai modal usaha.

3. Pilih Jenis Kartu Kredit yang Tepat
Tips berikutnya lebih menekankan pentingnya memilih jenis kartu kredit yang akan digunakan sebagai modal usaha Pasalnya, berbeda kartu kredit, berbeda pula keunggulan yang dimilikinya. Jika tidak pandai memilih, keunggulan yang paling Anda butuhkan bisa saja luput dari perhatian.

Ada kartu kredit yang menawarkan potongan harga dalam berbelanja, ada yang menawarkan promo liburan, diskon membeli bensin, dan lain sebagainya. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan bisnis Anda.

4. Tentukan Penggunaan Kartu Kredit
Penetapan aturan penggunaan kartu kredit sangat dibutuhkan dalam memulai sebuah bisnis. Tujuannya tidak lain agar jumlah pengeluaran dapat dikontrol dengan baik.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Anda dapat memulainya dengan mendiskusikan mulai dari pihak-pihak mana saja yang berhak menggunakan kartu kredit dalam bisnis.


Kemudian, diskusikan tujuan penggunaan dan jumlah maksimal kartu kredit yang dapat digunakan. Gunakan jumlah pengeluaran dan kemampuan bayar Anda setiap bulan sebagai referensi pertimbangan guna mengontrol penggunaan kartu kredit.

5. Bayarlah Tagihan Tepat Waktu
Banyak yang beranggapan bahwa membayar tagihan kredit tepat waktu adalah hal mudah yang dapat dilakukan semua orang. Tapi kenyataannya, jumlah orang yang harus dikejar-kejar debt collector akibat menumpuk tagihan kredit sudah tidak terhitung lagi jumlahnya.

Untuk menyiasati agar hal ini tidak terjadi, Anda sebagai pebisnis harus mengetahui pentingnya membayar tagihan tepat pada waktunya. Membiasakan diri untuk melakukan hal tersebut menjadi penting, karena keterlambatan pembayaran tagihan kredit akan menambah jumlah tagihan akibat suku bunga yang dibebankan.

Belum lagi pengurangan credit score yang dapat membuat Anda kehilangan kepercayaan bank dalam menggunakan kartu kredit. Tentu dapat memberatkan pengguna dan bisnis yang dijalankannya.

Bijaklah Menggunakan Kartu Kredit untuk Modal Bisnis Anda
Mendirikan sebuah bisnis baru tidaklah mudah. Selain membutuhkan berbagai pertimbangan, sebuah bisnis membutuhkan modal yang cenderung tinggi. Oleh karena itu, kartu kredit hadir sebagai sebagai sebuah jawaban sebagian orang yang memiliki masalah terkait sumber modal bisnis. Namun, pertimbangan yang bijak sangat dibutuhkan soal ini.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>